Pemkab Gunung Kidul bangun TPA di pesisir

id Pelelangan ikan

Pemkab Gunung Kidul bangun TPA di pesisir

Penjual ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, dibanjiri permintaan ikan segar. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera membangun tempat pembuangan akhir (TPA) di pesisir kawasan Dusun Wonosobo, Tanjungsari, untuk mendekatkan dari lokasi wisata.

"Lokasinya sudah ditentukan di Dusun Wonosobo, sesuai rekomendasi dari konsultan perencanaan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunung Kidul Agus Priyanto?di Gunung Kidul, Senin.

ia mengatakan sebelum penentuan lokasi, Pemkab sebenarnya memiliki tiga opsi lokasi, yakni Desa Banjero, Tanjungsari, Desa Monggol, Saptosari dan Desa Tepus, Kecamatan Tepus.

"Akhirnya dilihat dari lokasi wisata akhirnya diputuskan di sana. Salah satu tujuan pembangunan TPA di pesisir untuk menampung sampah-sampah dari kegiatan pariwisata," katanya.

Agus mengatakan luas lokasi yakni sekitar lima hektare, dan diharapkan bisa menampung sampah pengunjung dan pedagang hingga masyarakat di sekitar pesisir. Sementara untuk anggaran diperoleh dari pusat.

"Konsultan perencana hingga sekarang masih menyelesaikan dokumen untuk pembangunan TPA," katanya.

Aus mengatakan untuk mengurangi volume sampah di masyarakat, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke tiap desa agar memiliki bank sampah. Sebab sampah jika tidak ditangani dari lingkungan sekitar maka akan menjadikan dampak negatif yang cukup besar.

"Pengelolaan sampah bisa dimulai dari lingkungan sekitar dulu," katanya.

Salah seorang pelaku wisata, Ngatno mengaku mendukung langkah pemkab membangun TPA di kawasan pantai. Selama ini kawasan selatan membutuhkan TPA.

"Fasilitas TPA dibutuhkan untuk menampung sisa sampah dari kegiatan kepariwisataan di kawasan pantai selatan," katanya.



(T.KR-STR) 12-11-2018 16:42:10


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar