BUMD/BUMN diharapkan manfaatkan Mal Pelayanan Publik Sleman

id Mall Pelayanan Publik

BUMD/BUMN diharapkan manfaatkan Mal Pelayanan Publik Sleman

Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa didampingi Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun meninjau lokasi Mall Pelayanan Publik Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berharap BUMD maupun BUMN serta instansi lain memanfaatkan "Mal Pelayanan Publik" (MPP) Sleman yang akan didirikan di Gedung Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman.

"Saat ini instansi yang terlibat dalam implementasi MPP untuk  dinas sebanyak tujuh dinas, BUMD sebanyak dua instansi, dan BUMN sebanyak dua instansi," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat menerima kunjungan Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB di Sleman, Kamis.

Menurut dia, selain itu dari Pemda DIY juga ada satu instansi yang terlibat dalam implementasi MPP Sleman. "Sedangkan untuk instansi vertikal sebanyak dua instansi dan lembaga perbankan sebanyak satu bank," katanya.

Ia mengatakan, lokasi MPP Sleman sebelumnya merupakan loket pelayanan DPMPPT Kabupaten Sleman. "Rencana lokasi MPP Kabupaten Sleman, semula merupakan loket pelayanan (front office) dan ruang kerja DPMPPT Sleman," katanya.

Sri Muslimatun mengatakan, loket pelayanan tersebut kemudian diubah menjadi ruang pelayanan MPP Sleman. "Luas ruangan efektif 337 meter persegi, dengan kapasitas 15 loket, meliputi 99 yang terdiri atas 67 pelayanan perizinan dan 32 jenis pelayanan nonperizinan," katanya.

Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa mengatakan pihaknya berkesempatan hadir di Kabupaten Sleman satu hari setelah penandatanganan komitmen oleh 26 pimpinan daerah dalam mengimplementasikan Mal Pelayanan Publik di daerah masing-masing.

"Kami ingin melihat sejauh mana persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dan juga stakeholder lain yang bergabung dengan Mal Pelayanan Publik," katanya.

Dalam peninjauan tersebut, Diah Natalisa menjelaskan bahawa pihaknya tidak hanya melihat persiapan, akan tetapi juga kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi mengenai kebijakan publik secara umum serta dasar hukum dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilaksanakan.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024