Swedia hempaskan Jerman

id timnas putri swedia,timnas putri jerman,piala dunia putri

Penyerang tim nasional putri Swedia, Stina Blacksteinus (tampak muka), merayakan golnya ke gawang Jerman dalam laga perempat final Piala Dunia Putri 2019 di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Sabtu (29/6/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Loic Venance)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional putri Swedia menjungkalkan salah satu favorit juara Piala Dunia Putri 2019, Jerman, dengan memetik kemenangan 2-1 untuk mencapai empat besar turnamen ini.

Kemenangan itu diraih Swedia dalam laga perempat final di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Minggu dini hari WIB, setelah membalikkan keadaan dari sebelumnya tertinggal lebih dulu dari Jerman.

Memasuki pertandingan sebagai unggulan dan catatan tanpa kebobolan sepanjang turnamen, gawang Jerman malah kemasukan dua gol sehingga langkah tim besutan Martina Voss-Tecklenburg itu pun terhenti.

Jerman membuka keunggulan pada menit ke-16 lewat gelandang Lina Magull yang melakukan satu sentuhan sebelum melakukan penyelesaian akrobatik untuk menyarangkan bola ke gawang mengolongi kiper Hedvig Lindahl.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama. Enam menit setelah tertinggal, Swedia berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan keteledoran barisan pertahanan Jerman.

Sebuah umpan lambung gagal diantisipasi oleh bek Marina Hegering dan bola berhasil diamankan oleh penyerang Swedia Sofia Jakobsson demi menaklukkan kiper Almuth Schult dan mengubah skor menjadi imbang 1-1.

Gol itu melecut semangat tim asuhan Peter Gerhardsson yang beberapa kali menggempur pertahanan Jerman, namun hingga babak pertama usai upaya mereka belum membuahkan hasil lagi.

Memasuki babak kedua, Swedia tetap mengambil inisiatif serangan dan ketika sundulan Fridolina Rolfo tak mampu dihalau sempurna oleh Schult bola jatuh ke ruang tembak Stina Backstenius yang menyarangkannya ke dalam gawang untuk membawa timnya berbalik unggul 2-1 pada menit ke-48.

Keunggulan itu membuat Swedia mengubah skema dari 4-3-3 menjadi 4-4-2 untuk lebih mengomandoi lini tengah permainan dan hal itu hampir membuahkan hasil positif ketika Blakcstenius memperoleh peluang namun ia diganggu Hering dan tembakannya melenceng dari sasaran pada menit ke-72.

Drama masih berlanjut ketika wasit Stephanie Frappart menyimak tayangan ulang VAR untuk meninjau insiden jatuhnya Alexandra Popp di dalam kotak penalti Swedia dalam duel udara pada menit ke-82, namun keputusan offside yang awalnya dikeluarkan tetap dipertahankan.

Dua menit menjelang waktu normal berakhir Jerman berpeluang menyamakan kedudukan ketika Lindahl dengan ceroboh meninggalkan sarangnya untuk menyambut umpan silang, namun bola meleset dari jangkauannya untuk disambut Lena Oberdorf, cuma sayang sundulan pemain pengganti itu melenceng dari gawang yang sudah tak bertuan.

Semenit kemudian, giliran Swedia berpeluang memastikan kemenangan ketika Blacksteinus melepaskan sepakan kencang dari tepian kotak penalti yang sayang melambung tipis di atas mistar gawang.

Jerman memperoleh peluang pamungkas untuk menjaga asanya melangkah ke semifinal pada masa injury, namun sundulan Svenja Huth dari jarak dekat masih melambung di atas gawang Swedia.

Skor 2-1 mengantarkan Swedia melangkah ke semifinal untuk menantang Belanda dalam pertandingan di Stadion Groupama, Lyon, Kamis dini hari WIB pekan depan.

Baca juga: Belanda ke semifinal setelah lewati Italia 2-0

Susunan pemain:

Jerman (4-4-2): Almuth Schult; Giulia Gwinn, Sara Doorsoun, Marina Hegering, Carolin Simon (Leonie Maier); Sara Daebritz, Alexandra Popp, Linda Dallman (Dzsenifer Marozsan), Lina Magull; Svenja Huth, Lea Schueller (Lena Oberdorf)
Pelatih: Martina Voss-Tecklenburg

Swedia (4-3-3): Hedvig Lindahl; Hanna Glas, Nilla Fischer (Amanda Ilestedt), Linda Sembrant, Magdalena Eriksson; Elin Rubensson (Nathalie Bjorn), Kosovare Asllani, Caroline Seger; Sofia Jakobsson, Stina Blackstenius, Fridolina Rolfo (Lina Hurtig)
Pelatih: Peter Gerhardsson
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar