16 napi terbunuh dalam bentrok di penjara

id Kekerasan di penjara,bentrok antarnapi Hinduras,Honduras

16 napi terbunuh dalam bentrok di penjara

Kerabat korban kebakaran penjara Comayagua pada 14 Februari lalu berusaha mengidentifikasi jenazah, usai bentrok dengan polisi di depan kamar jenazah di Tegucigalpa, Senin (20/2). Honduras mendapatkan tekanan dari dunia internasional untuk memperbaiki sistem penjara mereka yang bobrok dan mengijinkan penyelidikan mandiri atas kebakaran penjara tersebut dimana korban tewas mencapai 350 jiwa, sebagian besar akibat terbakar hidup-hidup di dalam sel mereka. (FOTO ANTARA/REUTERS/Jorge Dan )

Tegucigalpa, Honduras (ANTARA) - Paling tidak 16 tahanan Honduras tewas dalam perkelahian antara gerombolan tahanan bersenjata pada Minggu, kata para pejabat, ledakan kekerasan kedua yang menghantam penjara Honduras yang terkepung dalam beberapa hari terakhir.

Kematian itu terjadi di penjara El Porvenir di Honduras, sekitar 70 kilometer di sebelah timur ibu kota di sebuah penjara di kota pelabuhan utara Tela.

Perkelahian di penjara yang penuh sesak di negara Amerika Tengah itu biasa terjadi ketika geng jalanan yang dikenal sebagai maras bersaing untuk menguasai mereka.



Pekan lalu, pemerintah menyatakan keadaan darurat dalam sistem penjara, memindahkan kendali kepada pasukan militer dan polisi dalam upaya untuk memerangi gelombang kekerasan yang menyerang lembaga-lembaga pemasyarakatan yang menampung hampir 22.000 narapidana.



Penghitungan kematian pendahuluan dari perkelahian geng penjara hari Minggu mencapai 16 ditambah dua tahanan lainnya terluka, menurut Kolonel Jose Gonzalez, seorang pejabat sistem pidana senior,

"Orang mati dan terluka diserang dengan peluru dan senjata tajam," kata Letnan Antonio Coello, juru bicara keamanan.

Sejak Oktober, setidaknya ada lima baku-tembak di penjara-penjara Honduras.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024