PT TWC mulai menerapkan sistem "e-Office"

id PT TWC Borobudur Prambanan,PT TWC,Sistem e-Office TWC,Dirut PT TWC

PT TWC mulai menerapkan sistem "e-Office"

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mulai menerapkan sistem e-Office pada tahun ini. Foto Antara/HO-PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) mulai menerapkan sistem "e-Office" yang merupakan langkah transformasi digital PT TWC dalam aspek operasional sumber daya manusia (SDM) dengan mengadopsi teknologi dan proses digital guna menjawab tantangan-tantangan yang hadir di era digital saat ini.

Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari di Sleman, Selasa, mengatakan bahwa sistem yang mulai dikerjakan sejak Januari 2020 ini dilaksanakan oleh Divisi Sekretariat bekerja sama dengan IT serta para milenials PT TWC.

"Sedangkan penerapan 'e-Office' resmi diluncurkan di Kantor Pusat PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko pada 12 Agustus 2020," katanya.

Menurut dia, sistem "e-Office" ini meliputi modul surat masuk, surat keluar serta nota dinas elektronik untuk mempermudah dan melakukan efisiensi proses administrasi perusahaan.

"Kami bangun sistem ini dengan tujuan untuk mempercepat koordinasi antar satuan kerja dan unit kerja serta penyampaian konten. Selain itu, pastinya dengan adanya sistem ini akan lebih efisien dalam waktu serta penggunaan material," katanya.

Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono mengapresiasi adanya proses pembaruan sistem kerja ini.

"Tahapan-tahapan pembaruan ini akan terus kita lalui. Ini merupakan tahapan penting bagi proses transformasi organisasi kita, sebagai salah satu upaya untuk mencapai Indonesian 'Heritage Management Corporation' (IHMC)," katanya.

Ia mengatakan, implementasi sistem ini sudah mulai dijalankan antarsatuan kerja di PT TWC. Dalam proses awalnya, telah dilakukan sosialisasi serta pelatihan bagi karyawan untuk mengimplementasi program ini.

"Untuk proses awalnya selama dua bulan hingga Oktober ini kita akan coba untuk surat masuk dahulu. Kemudian nanti sampai akhir tahun, kita optimalkan hingga semua modul berjalan," katanya.

Edy mengatakan, proses transformasi digital yang telah PT TWC lakukan sebelumnya dalam aspek operasional bisnis dan pemasaran adalah implementasi ERP dan e-ticket dalam kawasan Taman Wisata Candi.

"PT TWC berkomitmen akan terus melakukan transformasi digital dalam pengembangan kapabilitas sebagai salah satu perusahaan BUMN untuk para 'Stakeholder' dan kemajuan teknologi Indonesia dalam bidang pariwisata," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024