Kamerun gasak Ethiopia

id piala afrika,timnas kamerun,timnas ethiopia,vincent aboubakar,karl toko ekambi,dawa hotessa,piala afrika 2021

Kamerun gasak Ethiopia

Penyerang tim nasional Kamerun Karl Toko Ekambi (tengah) melakukan selebrasi bersama Vincent Aboubakar seusai mencetak gol keduanya ke gawang Ethiopia dalam laga lanjutan Grup A Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Kamis (13/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kamerun mengunci tiket babak 16 besar Piala Afrika 2021 seusai melumat Ethiopia dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Olembe, Yaounde, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kemenangan itu membuat Kamerun mantap memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin penuh dari dua pertandingan dan sang tuan rumah jadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar.

Kamerun sempat dikejutkan gol cepat Dawa Hotessa yang membuat Ethiopia memimpin, tetapi masing-masing dua gol dari Karl Toko Ekambi dan Vincent Aboubakar menyokong tim besutan Toni Conceicao itu bangkit meraih kemenangan, demikian catatan situs resmi CAF.



Empat menit pertandingan berjalan, Ethiopia menciptakan kejutan saat mencuri keunggulan melalui Hotessa yang menyelesaikan umpan silang Amanuel Gebremichael dengan sontekan kaki kanannya.

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama sebab empat menit kemudian Ekambi menyamakan kedudukan untuk Kamerun setelah menanduk umpan silang Collins Fai dan sejak itu tuan rumah tampil lebih percaya diri.

Ethiopia mampu memberi perlawanan dan beberapa kali mengancam gawang Kamerun, tetapi skor 1-1 bertahan hingga turun minum.



Kamerun berbalik memimpin delapan menit memasuki babak kedua ketika umpan silang Fai kali ini diselesaikan dengan akurat oleh Aboubakar yang menyundul bola ke pojok kiri bawah gawang.

Dua menit berselang, Aboubakar sukses mencetak gol keduanya menyelesaikan situasi serangan balik cepat Kamerun dengan memanfaatkan umpan sodoran Nicolas Moumi Ngamaleu demi membuat keunggulan Kamerun bertambah jadi 3-1.

Momentum Kamerun berlanjut dan pada menit ke-67 giliran Ekambi yang mencetak gol keduanya setelah mengkonversi umpan terobosan dari Martin Hongla untuk membuat kedudukan jadi 4-1 atas Ethiopia.

Sejak gol itu, Ethiopia kesulitan untuk menciptakan peluang berarti lantaran serangan mereka selalu patah sebelum memasuki area pertahanan Kamerun.



Fai, yang sudah membukukan dua assist, nyaris menutup pertandingan dengan tambahan satu gol tepat di pengujung waktu normal, sayang tembakannya masih membentur tiang gawang dan skor 4-1 tak berubah hingga peluit bubaran.

Kekalahan tersebut membuat Ethiopia terdampar di dasar klasemen tanpa satu poin pun dan wajib menang saat menghadapi Burkina Faso di laga pemungkas Grup A pada Senin (17/1) apabila ingin memiliki sedikit peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Pada hari yang sama, Kamerun akan menghadapi Tanjung Verde dalam laga pemungkas di Yaounde.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024