KFC Indonesia bersih pantai-laut dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2022

id kfc,hpsn

KFC Indonesia bersih pantai-laut dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2022

KFC Indonesia bekerja sama dengan Divers Clean Action (DCA) melakukan bersih pantai dan laut dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2022 (ANTARA/HO-KFC)

Yogyakarta (ANTARA) - KFC Indonesia mengadakan bersih pantai dan laut di 10 provinsi di Indonesia dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 yang jatuh pada 21 Februari.

Bekerja sama dengan Divers Clean Action (DCA) kegiatan tersebut dilaksanakan secara serempak di Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Maluku Utara.

"Kegiatan bersih pantai dan laut yang dilakukan oleh KFC Indonesia dan DCA melibatkan pula masyarakat dan pemerintah lokal khususnya di kawasan pesisir terutama anak-anak muda yang tergabung dalam program Marine Debris Ranger (MDR)," kata Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Tbk, pemegang waralaba KFC di Indonesia, Eric Leong dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Selasa.

MDR merupakan program yang digagas pada tahun 2020 oleh DCA dan didukung KFC Indonesia, yang merupakan bagian dari PT Fast Food Indonesia Tbk untuk mengajak masyarakat khususnya di daerah pesisir dalam mengatasi mengatasi permasalahan sampah yang ada di Indonesia.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam program ini seperti Beach Clean Up dan Sampling Sampah Pesisir, Sampling Rumah Tangga, Edukasi Sekolah, Door To Door Edukasi, Workshop Warga, dan membuat Media Kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi serta mengelola sampah.

Sejak awal dilaksanakan pada Maret 2020 program MDR telah melakukan bersih pantai dan laut sebanyak 49 kali, melakukan edukasi dan workshop sekolah sebanyak 13 kali yang melibatkan lebih dari 1.000 murid mulai dari tingkat SD hingga SMA, juga edukasi dari rumah ke rumah dengan menemui lebih dari 1.300 kepala keluarga. Sementara sebanyak 883 orang telah mengikuti workshop atau pelatihan untuk warga.

Pandemi COVID 19 sempat membuat kegiatan secara langsung di masyarakat menjadi terhenti namun kemudian digantikan oleh kegiatan secara daring.

Pada HPSN 2022, kegiatan bersih pantai dan laut dilakukan dengan metode yang dikembangkan oleh DCA bersama LIPI dan didukung oleh Universitas Padjajaran yang bertujuan untuk mengumpulkan data sampah laut sehingga dapat mengetahui karakteristik sampah di suatu daerah dan menciptakan metode penanggulangan serta pencegahan sampah yang tepat dan efisien.

Kegiatan bersih pantai dan laut pada HPSN 2022 merupakan bagian dari komitmen PT Fast Food Indonesia, yang memegang waralaba KFC di Indonesia, dalam upaya perbaikan lingkungan yang telah berjalan sejak lama.

"KFC Indonesia berharap kegiatan bersih laut dan pantai pada HPSN kali ini memiliki andil dalam upaya penanggulangan sampah yang dicanangkan pemerintah Indonesia demi masa depan yang lebih baik," kata Eric Leong.