Pariwisata dan ekraf optimistis bangkit

id ekraf, Dispar Makassar, Pemkot, kemah art day

Pariwisata dan ekraf optimistis bangkit

Kepala Dinas Pariwisata Makassar Moh Roem saat membuka kegiatan Kemah Seni Art Day di Makassar, Ahad (29/5/2022). ANTARA/HO/

Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Makassar Muh Roem mengaku optimistis terhadap kebangkitan ekonomi kreatif dan sektor pariwisata di ibu kota Provinsi Sulsel itu.

"Kami tetap optimistis, apalagi sekarang di masa adaptasi ini, sudah mulai longgar dan juga tingkat capaian vaksinasi masyarakat cukup tinggi. Kegiatan-kegiatan sudah mulai menggeliat," ujarnya di Makassar, Ahad (29/5).

Ia mengatakan salah satu kegiatan ekonomi kreatif yakni Kemah Seni Art Day yang banyak diikuti oleh pelaku ekraf dan anak milenial.

Sejumlah pelaku seni mengambil tempat dan peran seperti seniman, musisi, penari, pelukis dan pelaku mural di kegiatan Kemah Seni Art Day tersebut.

Menurutnya, kegiatan kreatif dengan konsep berkemah bersama juga memuat pesan edukasi tentang kesenian dan kebudayaan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beberapa potensi ditampilkan. Geliat ekonomi kreatif bisa bangkit kembali. Karena memang, di masa pandemi kemarin, kegiatan-kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif tidak berjalan baik," kata Roem.

Roem juga mengaku melihat ada potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di kawasan Bukit Baruga.

Hal itu diketahui Roem, setelah berdiskusi dengan pihak pengelola Bugis Water Park.

"Kami juga terbuka bagi subsektor lainnya. Seni rupa, tari dan lukis. Subsektor paling kencang memang saat ini, itu musik dan seni pertunjukan. Sampai-sampai di bulan Juni 'full schedule'," tuturnya.

Roem bahkan bakal menurunkan tim untuk memantau potensi destinasi wisata di tempat itu, termasuk di Pulau Lakkang.

Acara Kemah Seni "Art Day" ini bekerja sama dengan penyelenggara kegiatan Kumis Tipis. Dengan didukung para remaja kreatif, kegiatan ini dibuka melalui penampilan musikalisasi puisi.

Ketua panitia, Rosnia, juga menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, dilanjutkan tarian 4 etnis menyambut sambutan Kepala Dinas Pariwisata Makassar.

Selepas itu, acara berlanjut dengan performa musisi difabel, CRvD band, lalu musisi solo, Gypsi band, tari reppe rimakka dan magical performa, serta Ephemeral Queen.

Selain itu, penampilan musisi ternama, eks-musisi Slank, Bongky bersama Musicara Band.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024