Pelajar ikuti napak tilas perjuangan

id Dinsos Kaltim,gelar lomba,napak tilas perjuangan,untuk pelajar

Pelajar ikuti napak tilas perjuangan

Gubernur Kaltim Isran Noor melepas peserta lomba napak tilas perjuangan dalam peringatan HUT RI ke-77 (Humas Pemprov Kaltim)

Samarinda (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur menggelar lomba napak tilas perjuangan untuk para pelajar di Kota Samarinda dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Norhayati US menyebutkan lomba napak tilas perjuangan ini merupakan lanjutan lomba yang pernah dilaksanakan HUT RI sebelumnya.

" Untuk lomba napal tilas perjuangan tahun kedua ini diikuti 21 tim terdiri 5 orang setiap tim dari SMA/SMK se-Kota Samarinda," kata Norhayati pada acara pembukaan lomba di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, Sabtu.

Dia menjelaskan jarak tempuh lomba sekitar 10 kilometer dengan rute dimulai dari TMP Kesuma Bangsa, Jalan Wolter Mongisidi, Jalan KS Tubun, Jalan Siradj Salman (Posko 1), Jalan Pangeran Antasari, Jalan RE Martadinata, Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada (Posko2), Jalan Jenderal Sudirman, Taman Samarendah, Jalan Bhayangkara dan berakhir di finish TMP Kesuma Bangsa.

"Lomba napak tilas meliputi lomba yel-yel, kekompakan, ketepatan waktu, keserasian, foto di palagan Teluk Lerong, mengisi kuisioner dan lomba poto," jelasnya.

Lomba napak tilas perjuangan dilepas Gubernur Kaltim Isran Noor ditandai dengan pengibaran bendera start.

"Saya bangga masih ada napak tilas ini. Melalui kegiatan ini, generasi muda  tahu sejarah perjuangan para pejuang," kata Gubernur.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinsos harus dapat dijadikan wadah  membangkitkan semangat patriotisme.

Terutama mampu mentransformasi nilai-nilai kepahlawanan dan sosial antara generasi pejuang dan generasi muda penerus bangsa.

Selain itu, generasi milenial juga mampu meneladani dan mengenang jasa pahlawan yang  mengorbankan jiwa dan raga mereka demi kemerdekaan Indonesia.