UGM menjadi PTN peraih pendanaan PKM terbanyak dari Ditjen Dikti

id PKM,UGM,Ditjen Dikti

UGM menjadi PTN peraih pendanaan PKM terbanyak dari Ditjen Dikti

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (ANTARA/HO/UGM)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) terbanyak mendapatkan dana dan insentif pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

"UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau Tim PKM Tahun 2022," kata Direktur Kemahasiswaan UGM Dr. Suharyadi melalui keterangan tertulis universitas di Yogyakarta, Senin.

Berdasar pengumuman yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek, UGM menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster 1.

Capaian sebagai perguruan tinggi dengan raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM 2022, ujar dia, merupakan hasil kerja keras Tim PKM Mahasiswa UGM di bawah arahan dosen pembina dan pendamping.

Selain itu, lanjut Suharyadi, adanya dukungan pimpinan universitas dan fakultas yang sangat besar sehingga menjadikan PKM UGM menjadi peraih pendanaan dan insentif terbanyak dalam beberapa tahun terakhir.

"Namun, kita masih ada tantangan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pmnas) 2022 yang rencananya akan diselenggarakan akhir tahun, semoga Tim PKM UGM bisa tampil baik di Pimnas 2022," ujar dia.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Suherman menambahkan pada 2022 UGM meloloskan 84 tim atau judul PKM yang mendapatkan pendanaan dari PKM 8 bidang. Berikutnya, 33 tim atau judul yang mendapatkan insentif dari dua bidang.

Dengan begitu, katanya, UGM meraih total pendanaan dan insentif sebanyak 117 judul atau Tim PKM Tahun 2022.

Untuk mempertahankan prestasi yang diraih, ia mengatakan UGM akan terus menjaga proses regenerasi tim PKM mahasiswa, dosen pembina, dan pendamping PKM.

"Karena PKM-Pimnas setiap tahun diikuti 1.000 lebih kampus di Indonesia, sangat kompetitif, dan semua kampus terus berbenah setiap tahunnya," ujar dia.

Pemeringkatan yang disampaikan Ditjen Dikti tersebut dirilis dalam masing-masing klaster, katanya.

Ada 18 perguruan tinggi masuk dalam pemeringkatan yang terbagi dalam 5 klaster berdasar raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM 2022.

PKM merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kemendikbudristek yang dibuka bagi mahasiswa di universitas negeri maupun swasta di Indonesia.

Terdapat 10 bidang PKM yang dapat diikuti mahasiswa, yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT), serta PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).