UII Yogyakarta targetkan 1.500 proposal PKM

id uii yogyakarta

UII Yogyakarta targetkan 1.500 proposal PKM

UII (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menargetkan sebanyak 1.500 proposal Program Kreativitas Mahasiswa terkumpul pada 2015 dalam rangka meningkatkan kualitas akademik.

"Target itu tentu harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik mahasiswa, dosen pembimbing, pengelola program studi maupun universitas," kata Wakil Rektor III Universitas Islam Indonesia (UII) Abdul Jamil di Yogyakarta, Rabu.

Pada lokakarya Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT), ia mengatakan mulai 2015 anggaran untuk peningkatan kreativitas dan kesejahteraan mahasiswa sudah ditingkatkan secara signifikan.

"Dengan demikian, mahasiswa diharapkan menjadi lebih tertarik mengikuti berbagai kegiatan karena akan mendapatkan dukungan penuh dari universitas," katanya.

Ia mengatakan tujuan spesifik terkait dengan lokakarya yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa.

"Peningkatan kreativitas mahasiswa itu terutama dalam bidang penalaran, berpikir kritis, inovasi, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, dan mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ajang PKM," katanya.

Menurut dia, masing-masing sivitas akademika dituntut untuk saling berkolaborasi dengan baik sehingga terbentuk adanya satu visi yang sejalan antarsemua lini perguruan tinggi. "Hal itu dalam rangka meningkatkan kualitas akademik sebuah institusi pendidikan," katanya.

Ia mengatakan salah satu poin yang perlu didorong untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah kreativitas mahasiswa melalui program-progam yang dilaksanakan oleh Dikti seperti PKM.

"Poin kreativitas mahasiswa tersebut terus dicoba untuk dikembangkan sehingga terbentuk sebuah institusi pendidikan yang mampu bersaing pada tingkat nasional maupun internasional," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024