Puluhan monyet berkeliaran di perumahan

id Monyet liar, bbksda jabar, hutan, habitat

Puluhan monyet berkeliaran  di perumahan

Tangkapan layar video monyet berkeliaran di pemukiman warga Kota Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Twitter/@1Khan_7)

Bandung (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat menduga kawanan monyet liar yang berkeliaran di beberapa wilayah pemukiman warga di Kota Bandung, Jawa Barat, bukan berasal dari hutan.

Kepala Seksi Bidang Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan BBKSDA Jawa Barat Rifki M Sirojan mengatakan lokasi-lokasi yang didatangi monyet liar itu berada di sekitar kota. Sehingga menurutnya tidak mungkin monyet itu melakukan perjalanan yang jauh dari hutan.

"Bukan dari hutan, karena hutan kita ini di kaki Gunung Manglayang jauh sekali, apalagi ada jalan raya, pemukiman, nggak mungkin," kara Rifki saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Sehingga ia pun menduga monyet-monyet tersebut lepas dari kandangnya atau sengaja dilepaskan oleh pemiliknya. Karena, kata dia, sejauh ini kasus monyet yang berkeliaran di perkotaan disebabkan lepas dari kandangnya.

"Kalau dari hutan itu biasanya cuma menjadi hama di perkebunan pisang, tanaman, sayuran, seperti di Tahura Dago, sempat ke pemukiman, tapi dihalau. Kalau di kota itu biasanya monyet yang dipelihara," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BBKSDA: Monyet yang berkeliaran di Kota Bandung bukan dari hutan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024