Dakwah via perilaku paling penting, ungkap pemuda Muslim jepang

id Islam,Muslim di Jepang,mualaf,Wada Kaiji,dakwah

Dakwah via perilaku paling penting, ungkap pemuda Muslim jepang

Tokoh muda Muslim Jepang Wada Kaiji saat mengisi acara di tablig akbar Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI) Jepang, Tokyo, Sabtu (25/12). (ANTARA/Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Tokoh muda Muslim Jepang Wada Kaiji menilai cara dakwah paling penting dan paling efektif di negeri minoritas Muslim itu adalah melalui perilaku.

Hal itu disampaikan KaijiCEO Career Diversity, saat ditemui di sela-sela tablig akbar Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI) Jepang bertajuk “Generasi Muda dan Perubahan Zaman” di Tokyo, Minggu.

"(Melalui) perilaku yang paling penting. Meskipun saya menjelaskan tentang, contohnya Allah SWT, mereka susah mengerti konsep-konsepnya. Jadi, saya tunjukkan perilaku saya. Kalau saya baik, mereka akan berminat, Insya Allah,” kata dia.

Menurut dia, cara tersebut membutuhkan waktu yang lama, tetapi paling efektif.

Kaiji juga mengaku menghadapi banyak tantangan dalam berdakwah di Jepang, di antaranya mendapatkan respons negatif dari lingkungan sekitar karena citra Islam masih buruk bagi sebagian besar warga Jepang.

Image-nya masih buruk gara-gara berita yang tidak baik. Jadi, saya berusaha menyampaikan ide yang bagus, informasi yang benar,” katanya.

Dia mengaku menyampaikan informasi itu dengan cara tatap muka, seperti kajian, atau secara daring melalui media sosialnya.

“Kalau saya bertemu teman atau teman kantor, (saya) selalu berusaha menjelaskan tentang Islam,” kata pria yang lancar berbahasa Indonesia itu.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tokoh muda Muslim Jepang: Dakwah terpenting lewat perilaku
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024