Ini prosesi penghormatan terakhir Pele

id Pele, Pele meninggal dunia,Brazil

Ini prosesi penghormatan terakhir Pele

File foto seorang pendukung Brazil memegang replika Piala Dunia di depan baner bergambar legenda sepak bola Brazil Pele sebelum laga Grup G Piala Dunia 2022 antara Kamerun vs Brazil di Lusail Stadium, Lusail, Qatar (2/12/2022). Pesepak bola Edson Arantes do Nascimento yang lebih dikenal dengan nama Pele dengan julukan "Sang Raja Sepak Bola" meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat setelah dirawat di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brazil. ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/foc.

Jakarta (ANTARA) - Brazil lakukan prosesi penghormatan terakhir Senin kepada legenda sepak bola Pele yang jenazahnya disemayamkan di stadion tempat ia pertama kali mengguncang dunia. 

Ratusan penggemar Senin pagi berduyun-duyun menuju stadion Vila Belmiro, markas bagi klub lama Pele, Santos, di mana peti mati berisi jenazah "O Rei" (Sang Raja) dipajang di tengah lapangan.

Pele, pemenang Piala Dunia tiga kali yang secara luas dianggap sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa, meninggal Kamis pada usia 82 tahun setelah lama berjuang melawan kanker.

Carlos Mota dan putranya yang berusia 12 tahun, Bernardo melakukan perjalanan lebih dari 500 kilometer dari Rio de Janeiro ke Santos, sebuah kota pelabuhan tenggara di negara bagian Sao Paulo, untuk memberi penghormatan kepada mendiang pahlawan mereka.

"Seluruh masa kecil saya dipengaruhi oleh apa yang Pele lakukan untuk Brazil, dengan kemenangannya di Piala Dunia. Dia adalah idola nasional," kata Mota, 59, kepada AFP.

"Saya tidak pernah melihat Pele bermain, tapi saya pernah melihat videonya. Dia pemain terhebat yang pernah ada di Bumi," kata Bernardo.

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Alejandro Dominguez, kepala konfederasi sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL, termasuk yang pertama memberikan penghormatan di peti mati terbuka, yang dipajang di bawah tenda dan dikelilingi karangan bunga putih.

Stadion tepi laut tim berjuluk "Peixe"  yang berarti "ikan"dibuka pukul 10:00 (22.00 WIB) untuk disemayamkan selama 24 jam, yang akan diikuti dengan prosesi pemakaman melalui jalan-jalan Santos pada Selasa, kemudian acara penguburan pribadi.

Dikenal sebagai Vila Belmiro seperti nama lingkungan lokasinya, stadion berwarna hitam-putih itu memiliki kapasitas 16.000 orang.

Di tribun, tiga spanduk raksasa dipajang, salah satu dengan gambar Pele mengenakan nomor punggung 10 yang terkenal di jerseynya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prosesi penghormatan terakhir untuk Pele dimulai
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024