Kunjungan wisman ke Bali turun

id bali,turis nakal,maki polisi,menyewa motor,Pariwisata bali

Kunjungan wisman ke Bali turun

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Samsi Gunarta melakukan sesi wawancara dengan awak media pada acara ASEAN Battery and Electric Vehicle Conferenceā€ di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/5). (ANTARA/Pamela Sakina)

Bali (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali Samsi Gunarta menyebut penyebab menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali belum diketahui.

Meski begitu, sejumlah pihak berasumsi bahwa turis nakal yang ditindak pemerintah setempat menjadi alasannya.

“Saya belum tahu persis tapi kalau soal itu, ada suatu perubahan dan perubahan itu selalu membawa dampak ya, belum tahu persis apa kah iya itu yang menyebabkan, belum tahu,” kata Samsi, ditemui pada acara “ASEAN Battery and Electric Vehicle Conference” di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/5).



Sebelumnya sejumlah video hingga foto mengenai wisman nakal di Bali belum lama viral di media sosial. Mulai dari turis asing yang menghina polisi saat terkena razia, hingga mereka yang ugal-ugalan saat membawa kendaraan bermotor sewaan, ditambah mereka tidak mengenakan helm.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali sejak awal 2023 hingga April lalu juga telah mendeportasi total 70 warga negara asing (WNA).

“Kami memiliki masalah banyaknya turis asing yang hanya mengenakan bikini menyewa motor dan mengendarainya meski sebelumnya mereka tidak mengerti cara berkendara sepeda motor, meski sulit untuk memperbaiki kebiasaan ini, namun kami sedang berusaha mengatasi itu,” jelas Samsi.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadishub belum pastikan sebab kunjungan Bali turun imbas wisman nakal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024