Kaisar Naruhito kunjungi Museum Nasional untuk mengeksplor keberagaman RI

id Kaisar Jepang Naruhito,Permaisuri Masako,Museum Nasional

Kaisar Naruhito kunjungi Museum Nasional untuk mengeksplor keberagaman RI

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako mengunjungi Museum Nasional, di Jakarta, Selasa (20/6/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Jepang Masako mengunjungi Museum Nasional, di Jakarta, Selasa, untuk mengeksplorasi keberagaman suku dan kebudayaan yang ada Indonesia.    

“Luar biasa sejarah panjang Indonesia yang beragam ini,” kata Kaisar Naruhito.  

Begitu tiba di Museum Nasional, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako beserta rombongan dari Jepang yang terdiri dari kurang lebih 50 orang langsung menuju ke auditorium A.  

Di dalam auditorium A ini, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako memperhatikan peta suku bangsa Indonesia yang berukuran sangat besar sembari mendengarkan penjelasan mengenai sejarah panjang Indonesia.  

Sejarah Indonesia tersebut dijelaskan secara langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid. 

“Kami senang Baginda sudah tertarik untuk melihat keragaman Indonesia. Koleksi di sini (Museum Nasional) mencerminkan keragaman Indonesia,” ujar Hilmar.  

Di antaranya, Hilmar menjelaskan mengenai peradaban awal manusia di Indonesia, interaksi dan budaya masyarakat Indonesia yang berdekatan dengan unsur air serta gelombang peradaban Indonesia dari tahun ke tahun yang dipengaruhi negara-negara seperti India, China dan Jepang.  

Kaisar Naruhito sangat tertarik dengan penjelasan Hilmar mengingat Kaisar kagum dan heran dengan Indonesia yang beragam dalam hal budaya, kesenian dan lain-lain namun tetap mampu bersatu.  

Setelah auditorium A, Kaisar Naruhito beserta rombongan menuju ke sudut Museum yang terdapat alat musik gamelan sebelum akhirnya menuju ke ruang pamer Gedung B Lantai 4 yang bertema khasanah emas.  

Di ruangan yang menyimpan benda-benda emas dari masa Hindu-Buddha ini, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat kagum terhadap beragam koleksi emas yang penuh dengan ukiran baik dalam bentuk keris, alat musik hingga mahkota.  

“Cantik sekali. Sangat indah dan dilindungi dengan sangat baik,” kata Permaisuri Masako.  

Setelah ke ruang koleksi emas, rombongan menuju Lantai 3 yakni tempat dipamerkannya Prasasti Tugu, Prasasti Harinjing dan Prasasti Palepangan tentang irigasi air di Jakarta.  




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kaisar Naruhito kunjungi Museum Nasional untuk eksplor keberagaman RI
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024