IPB bikin inovasi kain limbah sawit

id Bogor, IPB, sawit, jeket, pakaian, bahan, kain, benang, limbah sawit, inovasi

IPB bikin inovasi kain limbah sawit

Inovasi jaket berbahan kain limbah kelapa sawit saat dipamerkan disaat peluncurannya di IICC Bogor, Selasa (27/6/2023). (ANTARA/Linna Susanti)

Kota Bogor (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB)  membuat inovasi kain dari limbah kelapa sawit yang terus dikembangkan untuk menyambut tren busana era masa depan menggantikan kain dari kapas.

Rektor IPB Arif Satria saat dikonfirmasi ANTARA, Rabu, mengatakan biomaterial yang dikembangkan dari limbah kelapa sawit memiliki keunggulan tidak menggunakan proses kimia sehingga ramah lingkungan dan dapat bersaing dengan inovasi yang dilakukan negara-negara maju.

"Kain dari limbah sawit ini luar biasa, kalau di China ada yang membuat kain dari rumput laut, IPB memberi inovasi kain dari limbah sawit," katanya.

Menurut Arif, penelitian mengenai limbah kelapa sawit menjadi benang sebagai bahan dasar pakaian adalah komitmen IPB untuk mengupayakan pengolahan tingkat hilir atau akhir tanaman penghasil crude palm oil (CPO) atau minyak sawit itu sehingga dapat bermanfaat dan bernilai ekonomi untuk masyarakat.

Kain dari limbah kelapa sawit ini telah menjadi produk jaket anti luntur dan panas serta rompi anti peluru, tas dan sepatu. Kain ini dapat dikembangkan masyarakat menjadi berbagai produk pakaian. Selain itu, limbah kelapa sawit juga digunakan untuk bahan dasar helm, pakan sapi dan kosmetik.

Arif menerangkan, IPB telah melakukan inovasi dari hulu hingga hilir mengenai pengelolaan perkebunan kelapa sawit untuk mempersempit isu biodiversitas atau keanekaragaman hayati yang terkikis oleh tanaman tersebut. Di antaranya menghasilkan teknologi mesin untuk memupuk hasil rekomendasi dari satelit yang memantau kebutuhan pupuk per tanaman dan instrumen pemantau biodiversitas di sekitar kebun kelapa sawit.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IPB: Kain limbah sawit era masa depan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024