Kinerja ekspor Indonesia dipantau

id wamenkeu,suahasil nazara,ekspor

Kinerja ekspor Indonesia dipantau

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memberikan kata sambutan dalam kegiatan Democracy Dialogue The Jakarta Post 40th Anniversary Forum di Jakarta, Senin (7/8/2023). (ANTARA/Imamatul Silfia)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan akan terus memantau ekspor ke depannya sebagai langkah evaluasi kinerja kegiatan perdagangan itu yang terkontraksi 2,75 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal II-2023.

“Kami akan terus perhatikan kinerja ekspor,” kata Suahasil saat ditemui usai kegiatan Democracy Dialogue The Jakarta Post 40th Anniversary Forum di Jakarta, Senin.

Menurut Wamenkeu, ekspor yang terkontraksi disebabkan oleh moderasi harga komoditas. Terutama pada 2021 hingga 2022, harga komoditas mengalami lonjakan yang cukup tajam.

Sementara itu, ketika harga komoditas melesat, besar kemungkinan terjadi kontraksi pada tahun berikutnya. Suahasil menyebut kondisi tersebut yang terjadi pada kinerja ekspor nasional Indonesia.

Meski begitu, Suahasil menyoroti sumber pertumbuhan ekonomi lainnya yang menunjukkan kinerja positif. Wamenkeu berharap berbagai aktivitas ekonomi dalam negeri dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat bagi Indonesia pada tahun ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), komponen pengeluaran lain di samping ekspor mencatatkan kinerja yang positif pada kuartal II-2023.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenkeu bakal pantau kinerja ekspor
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024