13 Agustus 2023, hujan meteor warnai langit

id hujan meteor,meteor perseid,fenomena antariksa,komet swift tuttle,brin

13 Agustus 2023, hujan meteor warnai langit

Ilustrasi: Hujan meteor Geminid menghiasi langit di atas Gunung Salju Yulong, Kota Lijiang, Provinsi Yunnan, China Barat Daya, Senin (13/12/2021). . ANTARA FOTO/Xinhua/Jiang Wenyao/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan hujan meteor Perseid bakal mewarnai langit saat dini hari pada 13 Agustus 2023 mendatang.
 
Periset Senior Bidang Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin mengatakan hujan meteor Perseid adalah kejadian tahunan saat bumi berpapasan dengan sisa debu komet Swift-Tuttle.
 
"Itu terjadi mulai pertengahan Juli sampai akhir Agustus. Konsentrasi debu tertinggi dilintasi bumi pada sekitar tanggal 12 Agustus. Tahun ini terjadi pada 13 Agustus," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Djamaluddin mengungkapkan bahwa hujan meteor Perseid tergolong hujan meteor yang cukup kuat dengan rata-rata satu sampai dua meteor per menit.
 
Fenomena antariksa itu bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada dini hari pada 13 Agustus (Sabtu malam Ahad) mulai pukul 01.30 sampai 05.00 waktu setempat.
 
Menurutnya, syarat menyaksikan hujan meteor Perseid adalah cuaca cerah, lokasi pengamatan tidak terganggu polusi cahaya, dan medan padang arah timur laut - utara juga tidak terhalang bangunan atau pohon.
 
 
Perseid adalah salah satu hujan meteor paling terang tahun ini, yang bisa disaksikan oleh setiap orang. Hujan meteor itu berasal dari komet Swift-Tuttle, bola es, dan batu besar yang menumpahkan puing-puing berdebu saat mengorbit mengelilingi matahari.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: Hujan meteor bakal warnai langit pada dini hari 13 Agustus 2023
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024