NATO dukung kesatuan wilayah Ukraina

id NATO ,Ukraina,kesatuan wilayah Ukraina

NATO dukung kesatuan wilayah Ukraina

Arsip - Bendera NATO terlihat di markas aliansi pertahanan itu menjelang pertemuan menteri-menteri pertahanan NATO, di Brussels, Belgia, 21 Oktober 2021. (ANTARA/Reuters/Pascal Rossignol/as)

Brussel (ANTARA) - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Selasa (15/8) menegaskan dukungan pada kesatuan wilayah Ukraina setelah munculnya komentar yang disampaikan oleh pejabat seniornya.

Ketika berbicara dalam diskusi panel di Norwegia, Kepala Staf Sekretaris Jenderal NATO, Stian Jenssen, mengusulkan kepada Ukraina untuk melepaskan sebagian wilayahnya kepada Rusia.

Sebagai imbalannya, menurut Jenssen, Ukraina akan memiliki keanggotaan di NATO agar dapat mengakhiri perang.

"Menurut saya, solusinya adalah bahwa Ukraina melepaskan wilayah dan imbalan untuk itu adalah mendapat keanggotaan NATO," ujarnya.

Namun, "ini tergantung pada Ukraina untuk memutuskan kapan dan syarat-syarat apa yang diperlukan untuk bernegosiasi," kata Jenssen, seperti dikutip dalam laporan tabloid Norwegia, Verdens Gang, pada Selasa.

Kendati demikian, Jenssen menyebutkan bahwa usulan itu merupakan salah satu dari kemungkinan solusi, bukan merupakan sikap resmi NATO menyangkut masalah tersebut.

Sumber resmi NATO memberikan komentar soal pernyataan itu.

"Kami mendukung penuh kedaulatan dan kesatuan wilayah Ukraina, seperti yang ditegaskan para pemimpin NATO saat KTT Vilnius pada Juli. Kami akan melanjutkan dukungan kepada Ukraina selama dibutuhkan dan kami berkomitmen untuk mewujudkan perdamaian yang adil dan selamanya," kata sumber NATO tersebut.

NATO telah berulang kali menyatakan bahwa akan tergantung kepada Ukraina untuk memutuskan waktu dan persyaratan perdamaian yang diinginkan dengan Rusia.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: NATO tegaskan dukungan bagi kesatuan wilayah Ukraina
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024