Beijing-Moskow penjaga stabilitas dunia

id China,Rusia,Wang Yi,stabilitas global

Beijing-Moskow penjaga stabilitas dunia

Diplomat Senior China Wang Yi melakukan pertemuan trilateral bersama Menlu Retno Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (12/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

Istanbul (ANTARA) - China dan Rusia, sebagai kekuatan besar dunia dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, "memikul tanggung jawab penting" untuk menjaga stabilitas strategis global, kata Kementerian Luar Negeri China.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Moskow, Senin (18/9), Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa kedua negara "menjalankan kebijakan luar negeri yang independen," menurut keterangan yang dirilis di Beijing, Selasa.

Wang sedang berada di Moskow untuk menghadiri konsultasi strategi keamanan China-Rusia selama empat hari.

"Di bawah bimbingan strategis kedua kepala negara, hubungan China-Rusia telah mempertahankan momentum pembangunan yang sehat dan stabil, dengan kerja sama pragmatis yang terus diperdalam, pertukaran antar masyarakat dan budaya menjadi kaya dan penuh warna, dan pertukaran personel berkembang pesat," kata Menlu China tersebut.

"Hubungan China-Rusia yang menampilkan hubungan bertetangga yang baik dan permanen, koordinasi strategis yang komprehensif, dan kerja sama yang saling menguntungkan akan terus mendukung pembangunan dan revitalisasi kedua negara dan membawa manfaat penting bagi kedua bangsa," tambahnya.

Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China: Beijing dan Moskow bertanggung jawab jaga stabilitas global
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024