Kota Semarang siap jadi kota pelajar

id kota pelajar,semarang kota pelajar,kota atlas,komisi x dpr, sofyan tan

Kota Semarang siap jadi kota pelajar

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan, saat kunjungan kerja Komisi X DPR RI di Balai Kota Semarang, Rabu (4/10/2023). (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

Semarang (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI dr. Sofyan Tan menyebut bahwa Kota Semarang sudah siap menjadi kota pelajar dengan berdirinya lima perguruan tinggi yang membuka fakultas kedokteran.

"Sampai ada lima fakultas kedokteran, hebat. Buka semuanya. Berarti Semarang akan menjadi kota pelajar, kan selama ini Jogja, ya (Yogyakarta)," katanya, di Semarang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Sofyan yang juga berlatar belakang dokter saat memimpin Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja di Balai Kota Semarang.

Lima perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Banyaknya kampus dan sekolah di Semarang, kata dia, berimplikasi juga dengan banyaknya kunjungan ke Kota Atlas yang akan berdampak terhadap berbagai sektor, terutama ekonomi.

"Kota pelajar berarti yang datang akan banyak, berkunjung melihat anaknya. Pasti kan bawa orang, Pasti, tempat-tempat penginapan akan penuh, makanan, kuliner akan jalan, dan mereka pulang bawa suvenir," katanya.

Selain itu, Sofyan mengatakan bahwa sektor pendidikan di Kota Semarang maju cukup pesat, di antaranya ditunjukkan dengan peningkatan literasi dari tingkat gemar membaca yang mencapai 73 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komisi X DPR sebut Semarang siap jadi kota pelajar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024