Ganjar diminta pertahankan konsep Islam Nusantara

id KH Said Aqil Siroj,Islam Nusantara, Ganjar Pranowo,PBNU

Ganjar diminta pertahankan konsep Islam Nusantara

Ketua Umum PBNU periode 2010-2021 Prof. KH Said Aqil Siroj memberikan pidato kebudayaan di Gedung Joeang 45, Jakarta, Jumat (11/8/2023). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Penasehat (Mustasyar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj berharap, agar konsep Islam Nusantara dapat dipertahankan oleh bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo.

"Jadi, ide saya tentang Islam Nusantara nanti kalau Mas Ganjar jadi presiden, itu diteruskan kalau perlu di ekspor ke luar negeri," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Kiai Said menjelaskan konsep islam nusantara yakni, satu jalan adalah Islam menyatu dengan budaya. Budaya dijadikan pondasi Islam, itu adalah Islam yang ramah.

Hal itu disampaikan Kiai Said saat menerima kunjungan Ganjar Pranowo bersama istri Siti Atikoh di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Kiai Said mengaku bersyukur atas kedatangan Ganjar. Ia pun mendoakan agar Ganjar terpilih menjadi presiden 2024.

"Alhamdulillah malam hari ini pesantren atsaqofah kedatangan tokoh nasional, yang insya Allah Tuhan memberikan jalan kemudahan, beliau akan terpilih menjadi presiden yang akan datang yaitu Pak Ganjar Pranowo," katanya.

Sementara itu, Ganjar mengucapkan terima kasih karena kedatangan di Ponpes Luhur Al-Tsaqafah disambut hangat oleh keluarga pengasuh. Ketika ditanya apakah kedatangannya meminta Said Aqil menjadi cawapres, Ganjar menjawab dengan berseloroh.

"Tidak hanya minta soal cawapres, tapi juga soal bernegara, berbangsa, cerita soal Islam nusantara tadi karena itu sangat ideologis dan jauh sangat penting dari yang sifatnya pragmatis," kata Ganjar.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KH Said Aqil harap Ganjar pertahankan konsep islam nusantara