Tulang sapi bisa sembuhkan patah tulang manusia

id BRIN,Tulang sapi,penyembuhan patah tulang

Tulang sapi bisa sembuhkan patah tulang manusia

Logo Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diluncurkan pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-26, pada Selasa (10/8/2021). (ANTARA/HO-Humas BRIN/am)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan tulang sapi dapat dimanfaatkan untuk proses penyembuhan patah tulang yang dialami manusia.

Peneliti Bidang Biomaterial Iradiasi BRIN Basril Abbas menyampaikan tulang sapi yang digunakan yakni bagian yang memiliki pori-pori besar seperti tulang lutut.

"Kami baru fokus pada tulang sapi yang berpori besar seperti tulang lutut atau di ujung-ujung tulang panjang, di ujung itu ada tulang yang disebut kanselus. Pori dari tulang ini yang berfungsi untuk melekatnya sel-sel pembentuk tulang," kata Basril di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan mekanisme yang digunakan dalam metode pengobatan yang dinamai bone graft tersebut dengan cara memanfaatkan komponen organik seperti kolagen dan protein, sehingga ekstraksi kedua unsur itu dipakai untuk menutup lubang atau rongga yang tercipta akibat patah tulang.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: Tulang sapi dapat sembuhkan patah tulang pada manusia

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024