Hadapi digitalisasi, Kemendikbudristek harus rancang induk pendidikan

id Tantangan digitalisasi,Pendidikan nasional,UPI,Erick thohir

Hadapi digitalisasi, Kemendikbudristek harus rancang induk pendidikan

Siswa menunjukkan praktik keahlian pertanian siswa saat kunjungan program Konsorsium Pengusaha Peduli Vokasi RI di SMK Negeri 2 Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (13/3/2023). ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc

Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Profesor Cecep Darmawan menyarankan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) segera membuat rancangan induk dan peta jalan pendidikan nasional untuk menghadapi tantangan digitalisasi.

“Kemendikbud diharapkan segera membuat rancangan induk atau peta jalan pendidikan di era digital saat ini,” katanya dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan rancangan induk itu dapat memuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan dari masa ke masa untuk menghadapi tantangan era digital.

Arah kebijakan pendidikan pada era digital itu, kata dia, dapat diwujudkan melalui rekonstruksi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang lebih progresif, visioner, dan futuristik sehingga mampu menjawab setiap tantangan zaman.

Kebijakan terkait dengan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas juga harus dilakukan dengan mengoptimalkan pemenuhan delapan standar pendidikan, seperti standar sarana prasarana digital secara merata dan berkeadilan.

Bahkan, katanya, untuk menghadapi tantangan era digital perlu ditambah standar digitalisasi pendidikan.

Ia mengemukakan dalam rancangan induk pendidikan nasional juga perlu dimuat formulasi kurikulum masa depan yang mampu meningkatkan karakter, integritas, produktivitas, profesionalitas, daya saing, kualitas, dan kompetensi lulusan pendidikan pada era digital.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbud harus buat rancang induk pendidikan hadapi digitalisasi

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024