BRIN kembangkan vaksin dari ulat sutra untuk PMK

id brin,ulat sutra,vaksin pmk

BRIN kembangkan vaksin dari ulat sutra untuk PMK

Peneliti Pengembangan Vaksin di Pusat Riset Vaksin dan Obat Organisasi Riset Kesehatan BRIN Doddy Irawan Setyo Utomo melakukan penelitian. (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dengan menggunakan pupa ulat sutra yang dapat dimakan langsung oleh hewan ternak (edible).

"Berbeda dengan vaksin lainnya yang diberikan melalui suntikan, kami menggunakan terobosan baru sehingga bisa dimakan oleh hewan ternak," kata Peneliti Pengembangan Vaksin Pusat Riset Vaksin dan Obat Organisasi Riset Kesehatan BRIN Doddy Irawan Setyo Utomo saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan metode yang digunakan dalam pengembangan vaksin tersebut berbasis protein sub-unit, dengan mengekspresikan protein struktural virus PMK, yaitu bagian VP-0, VP-1, dan VP-3 dari virus di dalam pupa ulat sutra.

"Sekarang dalam persiapan untuk uji antigenisitas di mencit, rencananya di tahun depan kami akan mencobanya di hewan yang jadi subjek virus PMK, seperti marmut, kambing, ataupun sapi," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN kembangkan vaksin PMK dari ulat sutra yang bisa dimakan langsung
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024