Honda produksi baterai all-solid-state

id Honda ,Teknologi baterai Honda,Baterai all solid state

Honda produksi baterai all-solid-state

Presiden dan CEO Honda Motor Co. Toshihiro Mibe (dua kiri) dalam wawancara dengan sejumlah jurnalis Indonesia di Kantor Pusat Honda di Aoyama, Tokyo, Jepang, Jumat (27/10/2023) (ANTARA/Fathur Rochman)

Tokyo, Jepang (ANTARA) - Presiden dan CEO Honda Motor Co Toshihiro Mibe menyebut bahwa pihaknya berencana untuk memproduksi massal baterai all-solid-state pada akhir dekade 2020.

Mibe, dalam wawancara dengan jurnalis Indonesia di Kantor Pusat Honda di Aoyama, Tokyo, Jepang, Jumat, mengatakan bahwa Honda tengah mengembangkan baterai generasi berikutnya yaitu baterai all-solid-state.

Baterai jenis ini memiliki sejumlah keunggulan, termasuk dalam aspek biaya, kapasitas penyimpanan daya, dan tingkat keamanan yang lebih baik karena tidak mudah terbakar.

Namun, Mibe mengakui bahwa teknologi yang diperlukan untuk mengembangkan baterai all-solid-state sangat sulit, termasuk dalam proses produksi.

Sebagai gambaran, baterai lithium-ion yang digunakan pada mobil listrik saat ini, memiliki keunggulan berupa elektrolit cair yang memudahkan ion mengalir bolak-balik antara anoda dan katoda.

Di sisi lain, baterai all-solid-state memiliki fitur elektrolit padat, yang memerlukan teknik fabrikasi dan pemilihan bahan tertentu untuk memudahkan aliran ion.

Hal ini termasuk penekanan untuk meningkatkan kepadatan bagian dalam elektrolit padat dan melakukan teknik pemrosesan khusus serta memilih bahan tertentu untuk memastikan kontak antarmuka yang sangat baik antara elektroda dan elektrolit.

Oleh karena itu, kata dia, Honda sedang memulai tahap pilot line pengembangan baterai all-solid-state di fasilitas produksi mereka.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Honda produksi massal baterai all-solid-state di akhir dekade 2020
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024