Kepala BRIN: SPBE dukung kehadiran "big data"

id BRIN, Big Data,tantangan pengembangan AI Indonesia,big data Indonesia,SPBE Indonesia,transformasi digital

Kepala BRIN: SPBE dukung kehadiran "big data"

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Jakarta ditemui disela-sela diskusi Tech Talk bertajuk "AI Ethics" di Kantor BRIN, Jakarta Pusat, Kamis (23/22/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko menyebutkan kehadiran Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang andal mendukung kehadiran big data yang dapat digunakan untuk pengembangan inovasi teknologi hingga pengambilan kebijakan lebih efisien.

Menurutnya big data menjadi salah satu kunci Indonesia mengembangkan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dengan lebih baik bahkan menjadikan AI solusi nyata masyarakat.

"Sebenarnya penting bagi kita (Indonesia) menciptakan proses bisnis yang terstruktur sehingga secara otomatis oleh sistem data itu terkumpul. Itu juga adalah ultimate goal dari SPBE. Itu kan penting sekali bagi kita semua khususnya pemerintah untuk ambil kebijakan yang lebih evidence dan sciece based," kata Laksana di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk mendapatkan ragam big data dari berbagai sektor mengingat populasi masyarakat beragam dan juga banyak dinamika yang bisa diambil sebagai data.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepala BRIN sebut SPBE bisa dukung kehadiran "big data"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024