Dinas Perdagangan Kulon Progo serahkan hibah alat perdagangan kepada PKL

id Alat perdagangan,Kulon Progo

Dinas Perdagangan Kulon Progo serahkan hibah alat perdagangan kepada PKL

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo dampingi PKL. (ANTARA/HO-Dokumen Istimewa Disdagin Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan bantuan hibah alat perdagangan kepada lima kelompok pedagang kreatif lapangan untuk mengembangkan usaha mereka.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Selasa, mengatakan lima kelompok pedagang kreatif lapangan (PKL) yang mendapat hibah adalah Kelompok Sido Akur Laguna Barat Pantai Glagah, Kelompok Papedho Gulurejo, Kelompok Semangat Maju Glagah, Kelompok Sidomakmur Margosari, dan Kelompok Yunika Kokap.

"Bantuan hibah ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pendapatan bagi pedagang," kata Sudarna.

Ia mengatakan alat perdagangan yang dihibahkan beragam sesuai dengan kebutuhan pedagang di kelompok masing-masing, seperti kerombong bakso, kerombong cilok, gerobak satai, gerobak angkringan, serta tenda dan pendukungnya. "Bantuan hibah kepada PKL ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Sudarna mengatakan pihaknya juga melakukan pembinaan kepada PKL agar usaha mereka berkembang. "Kami melakukan pembinaan dan monitoring supaya bantuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk usaha," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Perdagangan Endang Zulywanti berharap pedagang juga proaktif setiap ada monitoring pemanfaatan bantuan hibah tersebut.

"Kami berharap bantuan ini dimanfaatkan secara optimal sehingga bisa meningkatkan pendapatan bagi keluarga," katanya.

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan usulan proposal dari kelompok PKL. Sehingga bantuan bisa tetap sasaran dan yang diharapkan. Usulan yang masuk ke dinas, mayoritas berupa alat perdagangan bagi PKL. "Sekali lagi kami berharap bantuan ini bisa menaikkan pendapatan serta perekonomian naik," katanya.