Kebun Raya Cibodas dipadati selama libur panjang

id cianjur, kebun raya cibodas,wisatawan cianjur, obyek wisata cianjur,jalur puncak

Kebun Raya Cibodas dipadati selama libur panjang

Wisatawan padati sejumlah lokasi di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, saat libur panjang natal dan tahun baru.(ANTARA/Ahmad Fikri).

Cianjur (ANTARA) - Pengelola Kebun Raya Cibodas di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah pengunjung yang masuk ke kebun raya selama libur Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan sekitar 2.000 orang setiap harinya, didominasi wisatawan asal Jabodetabek.

Grand Manager Kebun Raya Cibodas Joko Sulistio saat dihubungi Jumat, mengatakan jumlah pengunjung mengalami peningkatan sejak dua hari menjelang natal hingga saat ini dan diperkirakan akan terus meningkat hingga satu pekan ke depan setelah libur sekolah usai.

"Peningkatan sudah terlihat sejak tanggal 23 Desember, dimana pengunjung pada hari biasa hanya 1.000 orang mengalami peningkatan sampai 2.000 orang per hari, termasuk hari ini angka kunjungan sudah lebih dari 2.000 orang saat siang," katanya.

Joko menjelaskan, ada beberapa lokasi yang menjadi tempat favorit wisatawan yang datang ke kebun raya yang memiliki koleksi jutaan tanaman langka itu, mulai dari Taman Sakura, Curug Ciismun, Gardenia dan kolam besar, Koservatori atau rumah kaca yang menyimpan koleksi tanaman hasil penelitian.

Sehingga angka kunjungan terutama wisatawan asal Jabodetabek meningkat setiap tahun karena selain suasana alam yang asri dengan udara pegunungan yang bersih, berbagai sarana dan prasarana penunjang membuat betah wisatawan yang datang termasuk wisatawan asing.

"Karena bersamaan dengan musim hujan angka kunjungan tidak terlalu tinggi, namun dibandingkan tahun sebelumnya sangat jauh selain COVID-19 dengan berbagai pembatasan ditambah tahun 2022 Cianjur sempat diterjang gempa," katanya.

Pihaknya memperkirakan angka kunjungan akan terus meningkat hingga awal tahun karena masih libur sekolah, sehingga angka kunjungan diperkirakan akan mengalami puncaknya pekan pertama tahun 2024.