Dunia pendidikan turbin penggerak peradaban Indonesia

id Ketua PKN Anas Urbaningrum,Pendidikan Karakter

Dunia pendidikan turbin penggerak peradaban Indonesia

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum (kiri) sedang memberikan pengarahan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Madani Lombok berdialog di Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur, Jumat (12/2/2026). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda di Nusa Tenggara Barat karena bagaimanapun pendidikan adalah turbin penggerak kehidupan dan peradaban bangsa.

"Dari pesantren seperti ini mengingatkan kita bahwa bangsa ini membutuhkan lembaga-lembaga pendidikan yang menjadikan dunia pendidikan sebagai turbin penggerak peradaban bangsa," kata Anas saat memberikan arahan pada acara dialog kebangsaan bertemakan "Menuju Bangsa Kuat dan Bermartabat" yang diselenggarakan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Madani Lombok di Mamben Lauk, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur, Jumat.

Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) periode 1997 - 1999 ini, menilai salah satu lokasi pendidikan karakter itu ada di pesantren-pesantren.

Karena itu, menurutnya pemerintah justru harus merasa berutang budi karena lembaga seperti pesantren mengambil inisiatif dan tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan karakter bangsa yang beradab.

"Saya ingin mengirim pesan pada siapapun kalau ingin bangsa ini maju, salah satu yang sangat utama adalah meningkatkan kualitas pendidikan nasional kualitas secara utuh," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anas Urbaningrum: dunia pendidikan turbin penggerak peradaban