Wuling perkenalkan mobil listrik BinguoEV di Yogyakarta

id wuling,mobil listrik

Wuling perkenalkan mobil listrik BinguoEV di Yogyakarta

Wuling Motors (Wuling) memperkenalkan mobil listrik terbarunya Wuling BinguoEV di Pakuwon Mall Yogyakarta, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/HO-Wuling)

Yogyakarta (ANTARA) - Wuling Motors (Wuling) memperkenalkan mobil listrik terbarunya Wuling BinguoEV dalam tiga varian Long Range AC, Long Range AC/DC, dan Premium Range AC/DC di Pakuwon Mall Yogyakarta, Rabu (17/1).

"Hari ini kami resmi memperkenalkan mobil listrik kedua Wuling di Yogyakarta, yakni Wuling BinguoEV dengan mengusung semangat 'Drive Electric, Be The Icon' yang merupakan bagian dari langkah 'Drive For A Green Life," kata PR Manager Wuling Motors Brian Gomgom.
 
Pada kesempatan itu, Wuling juga menyerahkan dua unit BinguoEV kepada dua konsumen yang menjadi pemesan pertama di  Yogyakarta.

Menurut Gomgom, BinguoEV dipasarkan dalam tiga varian dengan harga mulai dari Rp354 juta hingga Rp414 juta (OTR Yogyakarta). Para pembeli akan diberikan insentif PPN sehingga harga menjadi Rp323 jutaan hingga Rp378 jutaan.

"Mobil listrik BinguoEV yang diproduksi di Indonesia ini memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 47,5 persen dan siap diekspor ke luar negeri. Kami berharap dapat menjadi rekan mobilitas ramah lingkungan harian," katanya.

Ia menjelaskan Wuling BinguoEV mengaplikasikan baterai berstandar IP67 dengan struktur rangka berbahan High Strength Steel, dengan tingkat keamanan yang tinggi.

"Wuling BinguoEV dibekali dengan motor listrik berdaya 50 kWh. Tenaga tersebut dihasilkan melalui transmisi Single Reduction Gear," kata Gomgom.
 
Ia mengungkapkan BinguoEV mengusung baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) berkapasitas 31,9 kWh untuk tipe Long Range dengan kemampuan jarak tempuh sampai dengan 333 kilometer dan 37,9 kWh untuk tipe Premium Range yang mampu menjangkau jarak hingga 410 kilometer dalam kondisi daya baterai terisi penuh.

Fasilitas penunjang keselamatan lainnya adalah Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System, ISOFIX, dan 2 SRS Airbag disematkan untuk keamanan dan kenyamanan.

Wuling BinguoEV tampil dengan desain kompak yang mengoptimalkan ruang dan kenyamanan. Hatchback EV ini mengusung perpaduan yang harmonis dan modern.

Untuk eksteriornya mengusung rancang bangun yang timeless mulai dari X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Shaped Grille. Kemudian ada juga Impresive Two-Tone Body Coloryang menjadikan tampilan elegan dan unik.

Di sisi belakang, BinguoEV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail yang memberikan sentuhan modern serta futuristik. 
 
Untuk interiornya, mobil listrik ini menampilkan nuansa berkelas dan kenyamanan ekstrabagi pengemudi dan penumpang. Floating Island Center Console menambah aura modern dan futuristik, menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan fungsional. 
 
Tidak hanya itu, kehadiran trims and ceramic glaze texture di beberapa bagian membuat atmosfer menjadi elegan dan menyenangkan. Kabin BinguoEV pun terbilang lapang dan mempunyai ruang penyimpanan yang mudah diakses. 
 
Pengemudi dan penumpang bisa mengatur barang bawaan di 15 kompartemen yang tersedia. Tidak ketinggalan, Deep Sunk Style Trunk Space yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak barang di bagasi, kapasitas dengan bangku baris kedua yang dilipat mencapai 790 liter. 
 
Pengalaman mengemudi premium pun terasa saat berkendara bersama BinguoEV berkat deretan fitur pendukung fungsional meliputi Smart Entry & Smart Start, Multifunction Steering Wheel yang dibalut Synthetic Leather, layar ganda 10.25 inci TFT Dual Screen.

Kamudian 6-way Electric Adjustable Driver Seat, Cruise Control, Rear Parking Sensor and Camera, Electric Parking Brake, 4 Speakers, hingga Distinctive Rotary Gear Selector. Terdapat pula 4 mode berkendara yang dapat dipilih yakni ECO, ECO+, Sport, dan Normal. 
 
BinguoEV dipasarkan dalam tiga pilihan warna, yakni Milk Tea, Mousse Green, dan Galaxy Blue. Warna Milk Tea dan Mousse Green dipadukan dengan interior bernuansa cokelat dan putih, sedangkan Galaxy Blue memiliki nuansa kabin dengan warna hitam dan putih.
 
General Manager Automobil Jaya Mandiri sebagai Dealer Wuling Gregorius Sigit Bambang Suryanta menambahkan bahwa penjualan mobil listrik Wuling mencapai 49 persen dari keseluruhan lini mobil pada 2023.

"Dari total 3.300 pre-order konsumen di seluruh Indonesia, untuk Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekitar 200. Kami yakin mobil listrik akan terus tumbuh," katanya.