Kategori Siklon Tropis Anggrek diprediksi naik, beber BMKG

id BMKG ,Siklon Tropis Anggrek ,Gelombang laut tinggi,Tropical Cyclone Warning Center,TVWC,Bengkulu,Mentawai,BMKG,Jakarra,L

Kategori Siklon Tropis Anggrek diprediksi naik, beber BMKG

Tangkapan layar Siklon Tropis Anggrek di barat Bengkulu yang dirilis BMKG, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - BMKG menyampaikan kategori Siklon Tropis Anggrek diperkirakan meningkat menjadi kategori dua yang dapat menyebabkan potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

"Diperkirakan Siklon Tropis Anggrek meningkat dari kategori satu menjadi kategori dua dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah selatan," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, Siklon Tropis Anggrek itu terpantau berada di Samudera Hindia barat Bengkulu yang dapat berdampak pada gelombang laut tinggi di kisaran 1,25 meter hingga 2,5 meter di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, serta Bengkulu hingga Pulau Enggano, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah.

Sementara gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,5 meter hingga 4 meter, disampaikan berpotensi terjadi di Samudera Hindia barat Kep. Mentawai hingga Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten.

Ia menyampaikan Siklon Tropis Anggrek itu tepatnya berada di sekitar koordinat 10,1 lintang selatan dan 94,2 bujur timur atau 1.130 km barat daya Bengkulu.

"


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Kategori Siklon Tropis Anggrek diperkirakan meningkat