Gunung Semeru dua kali erupsi

id gunung semeru erupsi,erupsi semeru,letusan semeru,semeru erupsi

Gunung Semeru dua kali erupsi

Gunung Semeru erupsi terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Rabu (7/2/2024). ANTARA/HO-PVMBG

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur mengalami dua kali erupsi dengan letusan setinggi 800 meter di atas puncak pada Rabu pukul 05:57 WIB dan 07:12 WIB.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Liswanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa terjadi erupsi Gunung Semeru pada Rabu, pukul 05:57 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 800 meter di atas puncak.

"Kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut. Saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung," katanya di Lumajang.

Sementara erupsi Gunung Semeru kedua terjadi pada pukul 07:12 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 800 meter di atas puncak (4.476 meter di atas permukaan laut).



Kolom abu vulkanik teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang ke arah utara dan timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 144 detik.

Status Gunung Semeru pada level III atau siaga, sehingga masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi)..



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru dua kali erupsi dengan letusan setinggi 800 meter
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024