Perkuat sektor batik, pemda diminta manfaatkan DAK

id Kemenperin, batik, DAK,batik lampung

Perkuat sektor batik, pemda diminta manfaatkan DAK

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita (tengah) menekan layar digital pada Peresmian Sentra IKM Batik Maja Barama Wastra, di Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024). ANTARA/HO-Kemenperin

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta pemerintah daerah untuk memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) guna memperkuat industri kecil dan menengah (IKM) di sektor batik, sebagai upaya untuk meningkatkan diversifikasi produk dari kerajinan batik sebagai budaya nasional.

“Keberadaan sentra IKM batik diharapkan dapat melahirkan banyak diversifikasi produk batik seperti produk home decor, tas, sepatu, maupun busana yang akan dipasarkan secara luas, di dalam dan luar negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pembangunan dan revitalisasi IKM khususnya di sektor batik, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendongkrak potensi daerah melalui pengembangan inovasi dan kreativitas para pelaku IKM di sentra tersebut.

Pihaknya mencatat hingga tahun 2023, terdapat 201 sentra industri batik yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, terdapat 62 sentra IKM batik yang berada di Provinsi Jawa Timur.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin minta pemda manfaatkan DAK untuk perkuat IKM sektor batik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024