Teknologi perangkat lunak simulasi PLTN dilirik BRIN

id brin,simulator pltn,pltn,listrik tenaga nuklir,transisi energi,emisi nol bersih

Teknologi perangkat lunak simulasi PLTN dilirik BRIN

Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN Rohadi Awaludin (kedua kiri) menyambut kedatangan perwakilan dari Ontario Tech University Jepang dan Mitsubishi Research Institute (MRI) di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ. Habibie Serpong di Tangerang, Banten, Senin (19/2/2024). ANTARA/HO-BRIN

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melirik perangkat lunak simulasi pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN dari Ontario Tech University Jepang untuk mempersiapkan setrum nuklir dalam proses transisi energi di Indonesia.
 
Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN, Rohadi Awaludin, mengatakan kebijakan teknologi nuklir merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan guna mendukung target pencapaian emisi nol bersih dari sektor energi.
 
"Hal ini untuk menentukan kebijakan terkait teknologi nuklir apabila nuklir menjadi salah satu sumber energi yang diproyeksikan," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
 
Pada 19 Februari 2024, Ontario Tech University Jepang dan Mitsubishi Research Institute (MRI) mengunjungi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ. Habibie Serpong di Tangerang, Banten.
 
Kedua lembaga itu tertarik untuk melakukan kolaborasi riset dengan BRIN mengenai kebijakan nuklir di Indonesia, di mana energi nuklir akan ikut andil dalam bauran sumber energi menuju Indonesia Net-Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.
 
Ontario Tech University Jepang menawarkan simulator NR-HES untuk PLTN. Simulator NR-HES tersebut mampu menyediakan data kuantitatif yang dapat digunakan untuk memperkirakan kapan, di mana, skala apa, dan karakteristik pembangkit yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
 
Perwakilan dari Ontario Tech University Jepang, Hossam Gaber, mengatakan data karakteristik pembangkit yang sesuai sangat dibutuhkan dalam pembangunan sebuah PLTN.
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN lirik teknologi perangkat lunak simulasi PLTN dari Jepang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024