PSI masih berpeluang lolos ke Senayan

id PSI,Pilpres 2024,Pemilu 2024,Pileg 2024

PSI masih berpeluang lolos ke Senayan

Arsip foto - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar konferensi pers di Kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (16/2/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih berpeluang meraih kursi parlemen, meskipun hasil hitung sementara perolehan suaranya masih berada di angka 2,6 persen.

Vivin mengatakan survei terakhir menjelang pencoblosan 14 Februari 2024 menunjukkan elektabilitas PSI melebihi 4 persen dan mengingatkan bahwa survei dan quick count tersebut memiliki margin of error.

"Artinya, meskipun PSI saat ini berada di bawah ambang batas 4 persen, tetapi masih ada kemungkinan hasil real count KPU bisa mendekati atau melewatinya," kata Vivin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.



Vivin menambahkan perolehan suara PSI mengalami kenaikan dibandingkan saat pertama kali mengikuti pemilu pada 2019, yang hanya meraih 1,89 persen suara secara nasional.

Dengan capaian tersebut, meskipun PSI gagal melaju ke Senayan (DPR RI), tetapi perolehan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten/kota cukup signifikan.

"Seperti di DKI Jakarta yang mampu menguasai satu fraksi. Kenaikan suara pada Pemilu 2024 memberi peluang PSI bisa merebut kursi lebih banyak lagi di daerah dan memungkinkan PSI bisa berlaga pada pilkada akhir tahun ini. Misalnya, di DPRD Kota Solo (Surakarta) dari raihan satu kursi pada Pemilu 2019 bisa melonjak menjadi lima kursi, dan merebut satu kursi di DPRD Provinsi Jateng dari Dapil Jateng I (Kota Semarang),” ujarnya.



Menurut dia, saat ini yang harus dilakukan oleh kader-kader PSI adalah memastikan bahwa proses rekapitulasi suara di KPU berlangsung jujur dan transparan.

"Proses mengawal suara sampai tuntas sangat penting dilakukan, mengingat kesalahan dalam proses penghitungan dan rekapitulasi sangat mungkin terjadi dan dialami siapa saja," tuturnya.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: indEX: Masih ada peluang PSI lolos ke parlemen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024