Puting beliung rusakkan 157 rumah warga

id BPBD Ciamis, Ciamis, pemkab Ciamis, bencana alam,puting beliung

Puting beliung rusakkan 157 rumah warga

Petugas BPBD Ciamis menanggulangi pemukiman rumah warga yang rusak terdampak bencana alam angin puting beliung di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Ciamis)

Ciamis (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebutkan hasil asesmen di lapangan tercatat 157 rumah tersebar di lima kecamatan rusak terdampak bencana angin puting beliung yang semuanya sudah mendapatkan penanganan perbaikan dan bantuan logistik.

"Terdampak di lima kecamatan dengan jumlah total terdampak 157 rumah," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat saat dihubungi melalui telepon seluler di Ciamis, Rabu.

Ia menuturkan bencana alam angin puting beliung menerjang lima kecamatan yakni Kecamatan Purwadadi, Rancah, Ciamis, Sadananya, dan Cikoneng di Kabupaten Ciamis yang merusak bangunan rumah warga dan pohon tumbang, Senin (26/2/2024).

Petugas dari BPBD Ciamis, kata dia, setelah mendapatkan informasi adanya bencana alam tersebut langsung melakukan pengecekan dan menanggulangi warga yang terdampak bencana tersebut.

"Dari 157 rumah yang tertimpa pohon dan membutuhkan penanganan sebanyak 26 rumah selesai ditangani," katanya.

Ia menyampaikan tim BPBD Ciamis di lapangan kemudian melakukan penanganan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa pemukiman rumah warga.

Rumah warga lainnya yang tercatat sebanyak 131 rumah, kata Memet, tidak dilakukan penanganan perbaikan karena kondisinya tidak parah, hanya beberapa genting dan asbes yang lepas.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Ciamis sebut 157 rumah rusak akibat bencana angin puting beliung