Aksi "balas dendam" berwisata turun , beber Sandiaga

id Wisata, tren wisata 2024, ITB BERLIN, KEMENPAREKRAF, WISATA 2024, parekraf

Aksi "balas dendam" berwisata turun , beber Sandiaga

Tangkapan layar - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau dari Jakarta, Senin (18/3/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, berdasarkan data yang didapat dari Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, aksi “balas dendam” dalam berwisata (revenge travel) bakal menurun pada 2024.
 
“Ini ternyata insight dari ITB Berlin, bahwa tahun 2024 fenomena revenge travel akan secara drastis menurun,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.
 
Pandemi COVID-19 berdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat, dan menyebabkan masyarakat menahan keinginan untuk berwisata sehingga seusai pencabutan status pandemi oleh sejumlah negara, warga memanfaatkannya untuk berwisata ke berbagai destinasi.
 
 
 
Ia melaporkan, aksi “balas dendam” wisata yang diprediksi menyusut ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adanya isu yang berkaitan dengan geopolitik perlambatan ekonomi, inflasi hingga kekurangan tenaga kerja yang diprediksi hal-hal itu akan berakhir pada 2025.
 
Sementara keinginan balas dendam untuk berwisata mulai mereda, Sandiaga menuturkan, sebanyak 38 persen wisatawan secara global diproyeksi bakal melangsungkan perjalanan yang bersifat sekali dalam seumur hidup pada tahun ini.
 
“Termasuk untuk wisata yang jauh, mereka merencanakannya pada 2024 sekitar 38 persen,” jelasnya.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Aksi "balas dendam" berwisata menurun pada 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024