Pemerintah tak layani mudik gratis motor listrik

id Kemenhub,mudik gratis,kapal,motor listrik,mudik gratis kemenhub

Pemerintah tak layani mudik gratis motor listrik

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt Hendri Ginting (tengah) memberi keterangan terkait mudik gratis dalam Media Briefing Sosialisasi Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024, di Jakarta, Jumat (22/3/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan tegas menyatakan tak akan mengangkut penumpang yang membawa kendaraan motor listrik melalui Program Mudik Gratis Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, untuk mencegah terjadi kebakaran di dalam kapal.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt Hendri Ginting, di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran kapal selama pelayaran.

“Pada saat mengangkut motor nanti jangan motor listrik, karena di atas kapal kalau kebakaran motor listrik itu penanganannya belum begitu baik,” kata Hendri dalam Media Briefing Sosialisasi Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024.

Menurut Hendri, kebijakan larangan membawa motor listrik saat mudik gratis untuk mencegah potensi yang dapat meningkatkan risiko kebakaran di kapal, apalagi penanganannya yang masih belum optimal.

Ia menyatakan bahwa ketika terjadi kebakaran listrik di atas kapal, penanganannya masih menjadi tantangan yang serius. Selain itu, penggunaan air untuk memadamkan api juga dapat menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

“Kapal kita juga sifatnya kalau kebakaran itu masih menggunakan air (untuk pemadaman), itu malah bisa mengakibatkan kebakaran yang lebih besar,” ujar Hendri.

Kemenhub juga aktif memberikan peringatan kepada penumpang agar tidak membawa motor listrik dalam perjalanan mudik. Kebijakan ini diambil sebagai upaya proaktif Kemenhub dalam menjaga keselamatan seluruh penumpang yang menggunakan transportasi laut selama musim mudik.

Dia berharap langkah tersebut dapat mencegah terjadinya insiden kebakaran kapal dan memberikan rasa aman bagi seluruh pemudik yang menggunakan layanan transportasi laut.

“Kami juga berusaha mengingatkan yang dibawa nanti motor penumpang itu yang bukan motor listrik, jangan sampai nanti dia ingin memamerkan di kampung (halaman), tatapi jangan sampai nanti memicu kebakaran (di dalam kapal),” ujar Hendri pula.
 

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Capt Hendri Ginting memberi keterangan terkait mudik gratis dalam Media Briefing Sosialisasi Mudik Gratis Kementerian Perhubungan Tahun 2024, di Jakarta, Jumat (22/3/2024). ANTARA/Harianto

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub tidak layani mudik gratis motor listrik cegah kebakaran kapal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024