Hujan lebat terpa Indonesia

id BMKG,Hujan ,Cuaca ekstrem

Hujan lebat terpa Indonesia

Arsip foto- Petir dan kilat menyambar saat hujan deras mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - BMKG menyatakan mayoritas wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat dengan kecepatan 50 milimeter per hari yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini yaitu Sabtu (27/4).

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari dari Samudra Hindia barat Sumatera Barat hingga Samudra Hindia barat Lampung, serta dari Jambi hingga Sumatera Barat.

Daerah konvergensi juga meliputi dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Lampung, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dari Papua Barat hingga Papua Barat Daya, serta dari Papua hingga Papua Tengah dan Papua Selatan.



Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi sehingga beberapa daerah mulai dari Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung berpotensi mengalami hujan lebat.

juga berpotensi diterjang hujan lebat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Mayoritas wilayah di Indonesia berpotensi alami hujan lebat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024