Pemerintah minta masyarakat pada 27 dan 28 Mei 2024 cek arah kiblat

id Rashdul Kiblat,Istiwa A'zam,Arah kiblat,Bimas Islam

Pemerintah minta masyarakat pada 27 dan 28 Mei 2024 cek arah kiblat

Ilustrasi "Istiwa A'dham" atau "Rashdul Qiblah" yaitu waktu matahari di atas Kabah dengan bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat. (HO-Kementerian Agama)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengimbau seluruh masyarakat untuk mengecek ulang arah kiblat pada 27 dan 28 Mei mendatang, seiring terjadinya peristiwa Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat.
 
Istiwa A’zam merupakan saat di mana matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, sehingga pada momen itu, arah kiblat searah dengan matahari yang ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat.
 
"Peristiwa Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat akan terjadi pada hari Senin dan Selasa, 27 dan 28 Mei 2024, bertepatan dengan 18 dan 19 Zulkaidah 1445 H pada pukul 16:18 WIB atau 17:18 WITA. Saat itu, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI Adib dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
 
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag imbau masyarakat cek arah kiblat pada 27 dan 28 Mei mendatang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024