Simeulue, Aceh, diguncang gempa 6,2 magnitudo

id Bmkg, gempa aceh

Simeulue, Aceh, diguncang gempa 6,2 magnitudo

Peta pusat lokasi gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Simeulue, Aceh, Selasa (28/5/2024) (ANTARA/HO-Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Pantai Barat Kabupaten Simeulue, Aceh, Selasa sekitar pukul 19.00 WIB.

Gempa tersebut berpusat di laut berjarak 95 kilometer arah barat laut Sinabang-Aceh, pada kedalaman 22 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengatakan selain Simeulue getaran gempa dirasakan beberapa saat di wilayah Nagan Raya, Aceh Barat dengan skala IV MMI.



Selanjutnya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dengan skala intensitas III MMI, hingga daerah Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, Aceh Tengah, Gayolues, dan Bener Meriah dengan skala intensitas II MMI.

Ia mengungkapkan gempa tersebut berjenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng yang ada di wilayah setempat. Namun, BMKG memastikan berdasarkan hasil analisa pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo landa Simeulue Aceh
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024