Perempuan Indonesia diminta populerkan kebaya agar tak punah

id kebaya,Hari Kebaya Nasional,memajukan kebaya,pemberdayaan perempuan ,melestarikan budaya

Perempuan Indonesia diminta populerkan kebaya agar tak punah

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Putri Kus Wisnu Wardani (tengah) bersama Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (kedua kiri) dan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo (kedua kanan). (ANTARA/HO-Kowani)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kus Wisnu Wardani mengajak para perempuan Indonesia untuk mempopulerkan kembali kebaya dalam rangka menyemarakkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024.

"Saya mengajak perempuan Indonesia untuk turut mengapresiasi serta mempopulerkan kebaya, karena kebaya tidak hanya budaya bangsa yang harus dilestarikan, tetapi juga menjadi sumber inspirasi untuk menggerakkan perekonomian bangsa," ujar Putri dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, melalui penggunaan kebaya serta berbagai aksesoris-nya dapat menggerakkan perekonomian UMKM.



Dikatakannya, saat ini mulai banyak generasi muda yang mengenakan kebaya. Tidak hanya pada acara resmi, juga dalam kegiatan sehari-hari.

Putri menambahkan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024, karena kebaya merupakan jati diri perempuan Indonesia.

"Kebaya bisa dipadupadankan secara sederhana dan bisa digunakan pada acara tidak selalu resmi. Kebaya bisa digunakan untuk bekerja, berjualan maupun aktivitas lainnya. Tentunya dengan mengenakan bawahan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada," katanya.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan HKN 2024.

Penyelenggaraan HKN tersebut berdasarkan Keppres Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Aturan itu menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional.

Lestari Moerdijat berharap pelaksanaan HKN 2024 dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus mengapresiasi dan melestarikan budaya bangsa.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota Wantimpres ajak perempuan Indonesia populerkan kebaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024