Diluncurkan, Logo HUT Ke-79 RI

id logo hut ke 79 RI

Diluncurkan, Logo HUT Ke-79 RI

Pemerintah meluncurkan logo HUT ke-79 RI di Wisma Negara, Jakarta, pada Senin (24/6/2024). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah meluncurkan logo untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Wisma Negara, Jakarta, pada Senin.

Menurut Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, logo tersebut didesain berdasarkan tema peringatan HUT RI tahun ini yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita,” kata Heru.

Secara umum, desain logo tersebut terdiri dari angka 79 berwarna merah yang menandai usia Indonesia serta tulisan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” berwarna hitam.

Jika ditelaah lebih jauh, angka 79 sendiri mengandung banyak makna yaitu disusun dari bagian-bagian terpisah yang merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Ujung angka 7 pada logo itu menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Pemerintah meluncurkan logo HUT ke-79 RI di Wisma Negara, Jakarta, pada Senin (24/6/2024). (ANTARA/Yashinta Difa)

 

Sementara arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Selanjutnya, bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Logo HUT ke-79 Republik Indonesia diluncurkan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024