18 layanan publik terimbas PDNS 2 segera pulih

id PDNS 2, pemulihan PDNS, penanganan PDNS 2, insiden PDNS 2, pemulihan layanan publik,Kementerian Kominfo

18 layanan publik terimbas PDNS 2 segera pulih

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong dalam konferensi pers penanggulangan serangan siber PDNS 2 di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024) (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menargetkan sebanyak 18 layanan publik yang terimbas insiden serangan siber Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 bisa pulih dan melayani masyarakat pada akhir Juni 2024.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong menyusul informasi mengenai lima instansi yang layanannya kembali normal setelah terimbas insiden PDNS 2 setelah hampir satu pekan berlangsung.

"Kami berharap setiap hari bertambah tenant-tenant dan Kementerian serta Lembaga yang layanannya pulih, akhir bulan ini kami targetkan 18 tenant sudah recovery," kata Usman dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu.



Adapun lima instansi yang dimaksud Usman dan layanannya sudah kembali pulih dan beroperasi melayani masyarakat setelah melakukan migrasi data usai insiden PDNS 2 ialah layanan keimigrasian dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang ada di Kementerian Hukum dan HAM, lalu ada juga layanan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bernama Sikap.

Disusul layanan perizinan kegiatan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), lalu ada juga layanan ASN Digital Kota Kediri, dan juga layanan dari Kementerian Agama SiHalal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah target 18 layanan publik terimbas PDNS 2 pulih akhir Juni
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024