Pemerintah: Sivitas akademika diajak jadi pandu digital perkuat literasi digital

id talenta digital Indonesia, Digital Talent Scholarship, Kementerian Kominfo, literasi digital, pandu digital Indonesia

Pemerintah: Sivitas akademika diajak jadi pandu digital perkuat literasi digital

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. (ANTARA/HO-Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengajak para sivitas akademika atau masyarakat akademik yang terdiri atas dosen dan mahasiswa di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk bisa mengambil peran menjadi pandu digital memperkuat gerakan literasi digital nasional dan meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Nezar melihat sudah cukup banyak generasi muda yang berasal dari bangku perguruan tinggi telah memanfaatkan kelas-kelas literasi digital dari Kementerian Kominfo dan ia berharap ilmu tersebut dapat disebarkan oleh peserta pelatihan kepada anggota masyarakat lainnya.

"Kami ingin mereka (peserta pelatihan talenta digital) yang sudah skillfull nantinya dalam pelatihan-pelatihan ini bisa menjadi pandu digital," kata Nezar dalam keterangannya yang diterima, Selasa.

Pesan serupa turut disampaikan Nezar dalam acara kolaborasi antara Kementerian Kominfo dengan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman untuk Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (15/7).

Melalui acara tersebut secara khusus Nezar berpesan agar baik dosen dan juga mahasiswa di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh usai menerima pelatihan talenta digital juga bisa berbagi pada masyarakat umum tentang ilmu yang diajarkan sehingga nantinya membangun ekosistem masyarakat digital yang ada di Aceh.

Membahas pengembangan literasi digital pada masyarakat Indonesia, secara khusus Kementerian Kominfo memiliki banyak program literasi digital untuk para sivitas akademika.

Beberapa program yang sudah dikenal masyarakat di antaranya seperti Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), Digital Talent Scholarship (DTS), serta Digital Leadership Academy (DLA).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sivitas akademika diajak jadi pandu digital perkuat literasi digital
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024