95 persen anggrek RI belum dapat status konservasi IUCN

id anggrek,spesies anggrek,konservasi anggrek,konservasi

95 persen anggrek RI belum dapat status konservasi IUCN

Ilustrasi. Tanaman Anggrek Vanda Tricolor yang dibudidayakan di Dusun Gumuk, Tamansari, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (24/7/2024). (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN Destario Metusala mengatakan, sebanyak 95 persen spesies anggrek yang berasal dari Indonesia belum dievaluasi status konservasinya oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List.

“Masih ada 95 persen atau sekitar 3.800 spesies anggrek Indonesia yang belum terevaluasi status konservasinya. Dan ini menjadi tugas kita semua untuk meng-assess status IUCN-nya,” kata Destario dalam webinar di Jakarta, Kamis.

Dia merinci, total spesies anggrek Indonesia yang sudah dievaluasi IUCN Red List hanya sebanyak 230 spesies saja. Padahal, Indonesia memiliki total 4.100 hingga 4.200 spesies anggrek.

“Oleh karena itu, jumlah ini proporsinya termasuk sangat kecil sekali karena hanya 5 persen yang sudah terevaluasi,” ujar Destario.

Berdasarkan IUCN Red List per Agustus 2024, spesies anggrek dari Indonesia yang masuk dalam kategori terancam punah (endangered) sebanyak 18 spesies dari total 230 spesies yang dievaluasi IUCN. Sedangkan di dunia terdapat 497 spesies anggrek yang terancam punah.
 

Dari total 230 spesies yang dievaluasi IUCN, spesies anggrek dari Indonesia yang rentan punah (vulnerable) tercatat sebanyak 10 spesies dan hampir terancam punah (near threatened) 5 spesies. Sedangkan spesies anggrek Indonesia yang tidak perlu dikhawatirkan punah (least concern) tercatat sebanyak 178 spesies.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 95 persen anggrek Indonesia belum dapat status konservasi IUCN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024