Myanmar kirim 31 pesilat ke Indonesia

id silat

Myanmar kirim 31 pesilat ke Indonesia

Ilustrasi silat (antarafoto.com)

Makassar (Antara Jogja) - Tim Pencak Silat Myanmar akan mengirimkan 31 pesilat terbaiknya untuk berlatih di Indonesia sebagai bagian dari persiapan menghadapi  SEA Games 2013.

Pelatih Pencak Silat Myanmar Muhammad Ashary saat dihubungi dari Makassar-Jakarta, Sabtu, mengatakan seluruh atlet yang dibawa  merupakan gabungan tim utama dan lapis kedua.

Selain menggelar latihan bersama dengan timnas Indonesia, tim silat Myanmar juga menjadwalkan try out ke Bandung, Jawa Barat.

"Kami sengaja membawa lebih banyak atlet termasuk tim pelapis agar tidak mudah terbaca tim Indonesia. Ini juga merupakan bagian untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas seluruh atlet sebelum tampil di SEA Games," jelas Ashary yang mengaku baru dua hari tiba di Tanah Air itu.

Mantan pelatih silat Sulsel itu menjelaskan, seluruh atlet direncanakan tiba di Indonesia pada akhir Juli 2013. Tim Myanmar akan berada di Indonesia kurang lebih sebulan. Pihaknya juga berharap waktu tersebut bisa dimanfaatkan lebih maksimal dalam mematangkan atlet.

Terkait keputusan menggelar latihan di Indonesia, kata dia, karena dinilai masih salah satu yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Soal peluang, dirinya mengaku cukup terbuka. Apalagi pada pra SEA Games yang digelar beberapa bulan lalu, timnya justru berhasil menempati peringkat ketiga atau lebih baik dari Malaysia.

"Ini juga merupakan upaya kita agar dapat meraih hasil terbaik di SEA Games. Saya kira peluang kita cukup besar. apalagi Myanmar pada ajang nanti juga akan tampil sebagai tuan rumah dengan dukungan penuh suporter," katanya.

Sementara itu, terpilihnya menangani tim Myanmar untuk SEA Games 2013 merupakan permintaan dari Persatuan Pencak Silat Antarnegara (Persilat). Dirinya juga mengaku tetap menyerahkan data diri kepelatihan ke pihak KONI Myanmar sesuai permintaan.

"Saya dikontrak Myanmar hingga Desember atau setelah pelaksanaan SEA Games 2013," tuturnya.

Pelatih Kepala Pencak Silat Indonesia Taslim Azis menargetkan delapan medali emas di SEA Games 2013. Medali tersebut terdiri dari empat emas untuk kategori tanding putra, dua emas tanding putri serta kategori seni atau TGR.

Tim Indonesia di SEA Games 2013 akan diperkuat 13 pesilat dari berbagai daerah di Indonesia.Para pesilat ini akan tampil di kategori tanding (delapan pesilat putra dan tiga putri), serta sisanya akan turun pada nomor seni.

"Jika bisa meraih enam medali emas sudah cukup untuk mempertahankan prestasi sebagai juara umum. Namun kami tentu berharap target delapan emas bisa tercapai, di antaranya tentu berasal dari dua pesilat asal Sulsel tersebut," ujarnya.

(KR-AKR)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024