Bantul (Antara Jogja) - Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertekad meraih nilai tertinggi dalam pelaksanaan Ujian Nasional pada Mei 2015.

"Tahun lalu siswa siswa SMP Negeri 1 mendapat nilai UN tertinggi se-Bantul yakni 39,20. Kami berharap pencapaian tahun ini bisa lebih tinggi lagi," kata Kepala SMPN 1 Bantul Yasmuri disela pelaksanaan achievement motivation training (AMP) bagi siswa di Bantul, Jumat.

Sebanyak 267 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bantul menuliskan target nilai yang akan diraih pada UN 2015 dan tanda tangan siswa di bentangan kain sepanjang 15 meter yang kemudian akan dipajang di halaman sekolah.

"Tujuannya agar mereka setiap di sekolah selalu ingat dengan target sehingga tergugah motivasi dan fokus belajar untuk mencapai kesuksesan masing-masing," kata Yasmuri.

Menurut dia, sebanyak 27 guru sekolah yang telaten medampingi para siswa agar bisa mendapatkan prestasi dan nilai terbaik. Setiap guru asuh akan membimbing dan mengawasi sembilan sampai sepuluh siswa.

"Mereka bukan hanya memantau saat jam pelajaran, akan tetapi juga mengawasi kegiatan belajar siswa di luar sekolah, baik melalui komunikasi dengan wali siswa maupun dengan siswa secara langsung melalui telepon selulernya," katanya.

Perogram guru asuh prestasi ini, kata dia, sudah dilaksanakan sekolah sejak setahun terakhir, dan terbukti mampu mendongkrak prestasi siswa dengan nilai rata-rata kelulusan yang mencapai angka 8 untuk setiap mata pelajaran.

"Sekarang akan kami tingkatkan lagi, mulai November 2014, guru asuh juga membuat laporan dan evaluasi prestasi siswa asuhnya setiap satu hingga dua bulan sekali," katanya.

Sementara itu, salah seorang siswi kelas IX, Elviana yakin bisa meraih nilai tinggi dalam UN mendatang, karena itu dirinya tidak ragu menargetkan nilai hampir sempurna dalam bentangan kain yang akan di pasang di halaman sekolah, yakni 39,50.

"Yang penting belajar serius dan mudah-mudahan membuahkan hasil seperti yang saya inginkan, selama ini nilai juga baik," katanya.

(KR-HRI)

Pewarta : Oleh Heri Sidik
Editor : Masduki Attamami
Copyright © ANTARA 2024